Presentation Summary: Holy Week by Gembong Nusantara

Tulisan berikut adalah rangkuman dari presentasi Cephas Photo Forum pada tanggal 14 Juli 2010. Foto dan tulisan oleh Gembong Nusantara, translasi oleh Kurniadi Widodo.

Republik Filipina adalah negara yang sekitar 95% dari populasinya ialah umat Kristiani. Karena ia mayoritas, perayaan Kristen diadakan secara besar-besaran. Salah satunya ialah hari Paskah. Hari Paskah adalah hari terbesar dan terpenting untuk umat Kristiani. Pada Paskah, umat Kristiani memperingati penyaliban Yesus Kristus di Calvary. Perayaan Paskah diselenggarakan selama seminggu, dimulai dengan Minggu Palma dan berakhir di Minggu Paskah.

Minggu Palma di Gereja Barasoain diadakan untuk merayakan kemenangan Yesus memasuki Yerusalam. Di peringatan Minggu Palma, umat Kristiani berkumpul di gereja dan merekonstruksi kejadian tersebut dengan menyebarkan daun palem dan pakaian di depan pendeta.

Perayaan dilanjutkan dengan berdoa di Kapel Kapitangan, Bulacan, Filipina. Selama tiga hari, umat Kristiani datang ke kapal untuk berdoa dan menyentuh Patung Suci Yesus Kristus. Antrian dari umat Kristiani yang ingin menyentuh Patung Suci dapat mencapai seribu orang bahkan lebih. Pada hari Rabu malam, Patung Suci dicuci dengan air suci dan pakaiannya diganti.

Selama tiga hari pula, beberapa umat Kristiani dari Kapitangan dan sekitarnya melakukan penebus dosa. Para penebus dosa menyakiti punggung mereka menggunakan pisau atau kaca. Lalu, lukanya dipukul menggunakan cambuk khusus secara berulang-ulang selama penebusan dosa. Di setiap perhentian, para penebus dosa dipukuli oleh siapapun yang ingin melakukannya.

Selama ritual penebusan dosa wanita-wanita menyanyikan doa pujian di depan tiga patung Bunda Maria. Doanya adalah pujian untuk Bunda Maria, Ibu Penyelamat dari umat manusia. Para wanita ini menyanyikan doa pujian secara bergantian selama 72 jam nonstop.

Sebagai puncak dari perayaan, diadakan penyaliban pada Jumat Agung. Penyaliban ini adalah penyaliban sebenarnya dengan menggunakan salib, palu, dan paku sungguhan pada kaki dan tangan sungguhan. Penyalibannya sendiri berlangsung selama dua atau tiga menit. Tahun ini adalah penyaliban terakhir bagi AlexieDionisio, 32 tahun, setelah 16 kali penyaliban. Bersama dengan AlexieDionisio, terdapat tiga orang lain yang akan disalib, salah satunya adalah seorang wanita, Len Len. Asalan dari penyaliban keduanya adalah karena AlexieDionisio mendapat pesan dari Tuhan melalui mimpinya, dan Len Len mendapat stigmata. Terlebih lagi, penyaliban adalah bukti bahwa penyelamatan adalah nyata. Alexie disalib pada sekitar jam 10.30 pagi dan kemudian pada jam 3 sore dia harus turun dari Salib dengan sendirinya. Tidak ada yang boleh membantunya.

This entry was posted in Summary and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s