Cephas Photo Forum presentation: Participatory Photography by Indrawan & Widyastuti Prabaharyaka

 

Participatory Photography

Adalah sebuah metode fotografi yang umum dipergunakan dalam kerja sosial pemberdayaan masyarakat. Tujuannya adalah mengabadikan pengalaman keseharian dari subjek, sekaligus objek foto.

Metode partisipatif berarti belajar bersama masyarakat. Fotografer menjadi bagian kesatuan dari pengalaman keseharian masyarakat – berbagi pengetahuan fotografi dasar.

Detail-detail yang biasa dialami masyarakat – namun biasanya luput dari perhatian fotografer – akan tertangkap oleh fotografi partisipatif.
Fotografi partisipatif membuka pintu selebar-lebarnya untuk kejutan-kejutan – kearifan lokal yang begitu halus dan hanya bisa ditangkap oleh mata masyarakat.

Fotografi partisipatif akan lebih mudah dilakukan dengan teknik point and shoot. Fotografi partisipatif menitikberatkan pada pendekatan konseptual, bukan teknis.

Kemampuan berkomunikasi dari fotografer akan diuji dalam fotografi partisipatif. Fotografer yang baik adalah seseorang yang mampu menularkan tidak hanya keahliannya tetapi juga perasaannya.

Di presentasi kali ini Cephas Photo Forum menghadirkan pasangan suami istri Indrawan-Wiwid yang akan sharing pengalaman mereka mengajarkan praktek fotografi ke masyarakat di Baseco, sebuah pemukiman kumuh (slum) di Manila, Filipina. Selain mendengarkan sharing, rekan-rekan juga akan bisa melihat pameran “The Marginalized” yang berisi foto, lukisan, sketsa, serta tulisan mereka mengenai perjalanan mereka ke 11 tempat di Asia. Pameran akan berlangsung di ViaVia hingga 19 Desember mendatang.

———-

Indrawan & Widyastuti Prabaharyaka adalah dua manusia biasa yang saling bekerjasama dalam kerja kreatif eksperimental. Tema utama yang diangkat oleh mereka adalah ruang dan masyarakat marjinal. Sampai saat ini, mereka masih belajar memahami banyak hal; mimpi, cinta, harapan.

slumtraveller.co.nr
darindonesia.blogspot.com

This entry was posted in Presentation and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s