Presentation Summary: Foundry Photojournalism Workshop by Doni Maulistya & Mervyn Leong

Oleh Saila Muti Rezcan

Bertempat di Angkringan Yayasan Umar Kayam Sawit Sari, Kamis 17 Februari 2011 lalu CEPHAS Photo Forum kembali menggelar forum regulernya. Meski dengan tempat seadanya serta peserta yang tidak terlalu banyak karena pemberitahuan yang lumayan mendadak, namun forum ini berjalan dengan seru. Mervyn Leong, seorang warga negara  Malaysia yang tahun lalu mengikuti Foundry Photojournalism Workshop di Istanbul Turki ingin membagi sedikit ceritanya pada forum reguler kali ini. Selain Mervyn, ada pula Doni Maulistya – salah satu pendiri CEPHAS Photo Forum yang juga berpartisipasi dalam Foundry Photojournalism Workshop bersama Mervyn tahun lalu.

Berbeda dengan workshop fotografi pada umumnya yang memiliki batasan usia bagi peserta – umumnya 28 tahun ke bawah, Foundry tidak memiliki persyaratan tersebut. Bahkan pernah ada peserta yang berusia 68 tahun. Semangat yang diusung dalam Foundry ialah semangat untuk sharing atau berbagi. Maksudnya, ketika kita memiliki pengetahuan tentang sesuatu, kita wajib membaginya dengan peserta lain, sehingga ilmu-ilmu yang didapat selama workshop tidak menjadi milik personal melainkan komunal. Hal ini tentu saja menguntungkan karena ilmu yang didapat tidak terbatas pada materi-materi workshop tetapi juga berasal dari seluruh peserta workshop.

Dalam presentasinya, Mervyn menampilkan sebuah story tentang Hammam – sebutan untuk pemandian air panas di Turki di mana terdapat keunikan-keunikan yang hanya bisa ditemui di sana. Misalnya, di sana terdapat layanan untuk memijit, memandikan bahkan mencucikan rambut. Semuanya ditampilkan Mervyn dalam foto-fotonya, bagaimana seorang pelanggan di  Hammam dilayani mulai dari awal hingga selesai. Sedangkan Doni memilih untuk bercerita tentang sesuatu yang dekat dengannya: rokok. Story dengan judul “Smoke” yang ditampilkan Doni memiliki kesan sederhana namun terasa proximity-nya. Domi pun mengaku bahwa ia memilih untuk membuat story yang dekat dengan dirinya sendiri agar lebih nyaman dalam prosesnya. Mervyn dan Doni pun sepakat jika saat mengikuti workshop sebaiknya peserta tidak terlalu stress memikirkan tema apa yang akan digunakan untuk membuat story. Jangan terjebak pada ide-ide yang “terlalu besar”, karena terkadang hal-hal personal yang sederhana pun bisa menjadi sesuatu yang menarik. Yang terpenting dari sebuah tema ialah ketika si fotografer nyaman dengan tema tersebut, serta memungkinkan untuk dieksekusi, mengingat workshop memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu seperti waktu.

Dalam forum ini mereka berdua lebih banyak bercerita tentang proses pembuatan workshop itu sendiri dibandingkan dengan hasilnya. Selama workshop Doni mengaku banyak bersilang pendapat dengan mentornya, Stephanie. Mereka memiliki pandangan yang berbeda mengenai konsep intimacy, di mana Doni menganggap intimacy merupakan sesuatu yang ada pada saat proses memotret, bagaimana kita sebagai fotografer melakukan pendekatan dengan objeknya dan membuat mereka merasa nyaman dengan kehadiran kita. Di sisi lain, Stephanie memiliki pandangan bahwa intimacy adalah suatu hal yang ditampilkan dalam foto – bukan proses memperoleh foto itu sendiri. Perbedaan ini wajar terjadi mengingat Stephanie memang lebih banyak memotret news di mana aktualisasi merupakan faktor yang penting, sedangkan Doni bukan fotografer news sehingga ia jarang dituntut untuk memotret secara cepat.

Tak jauh berbeda dari forum yang lalu mengenai Angkor Photo Workshop, hal yang bisa kita pahami di sini ialah workshop sebagai ajang untuk mendapatkan energi baru dan sebaiknya jangan terlalu ambisius dalam membuat story foto, nikmati saja semua proses yang ada.

 

This entry was posted in Summary and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s